Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cerpen Cinta - Leaving You | Rusyda Andini

leaving you

Kamu tahu, ada hal yang tidak pernah aku bayangkan sebelumnya dan sekarang aku harus melakukannya. Ya. Leaving you, meninggalkanmu, melepasmu, atau entah menggunakan bahasa apa lagi yang pada intinya sama, tidak bersama denganmu, tidak mengingatmu lagi.

“Makasih ya mas udah dianterin sampai kostan.” Ucap laras sambil tersenyum pada Bimo.

“Iya sama-sama lagian mas mau sekalian ketemu sama salsa.” Jawab bimo sambil melepas helmnya.

Aku hanya bisa melihat mereka dari balik jendela, meyakinkan hatiku kalau bimo dan laras sama sekali tidak ada hubungan apa-apa. Ya bimo dan laras hanya sebatas senior dan junior di Eskul Basket. Semoga, tak lebih.

“Sa..” panggil Ike dari arah belakang.

“Eh kamu ke, kenapa?” tanyaku sambil menutup gorden dan berbalik ke arah ike.

“Are you ok..?” tanyanya khawatir seolah melihat kecemasan di raut wajahku.

“Iya aku baik-baik aja kok.” Jawabku lirih.

“Itu ada Bimo di depan, katanya mau ketemu kamu.” Ucapnya masih dengan nada khawatir.

“Iya makasih ke,” timpalku dengan senyum tipis berharap dapat menghapus kekhawatiran ike atas hubunganku dengan bimo yang mulai rumit. Aku bergegas ke depan menemui bimo.

“Tuh mba salsanya udah dateng, aku ke dalam dulu ya.” Pamit laras saat melihatku keluar, masih dengan senyum manjanya ke arah bimo. Ku lihat bimo hanya tersenyum sambil mengangguk.

“Hai sa,” sapanya pendek, tanpa senyum.

Aku terdiam, berat rasanya untuk mengeluarkan suara. Sambutan bimo akhir-akhir ini begitu dingin dan kaku. Beda sekali saat dia bersama laras, tersenyum dan sesekali bercanda terlihat begitu akrab.

“Kamu kenapa sih kok jadi aneh gini? Kaku, dingin.” Bimo mengerutkan dahi.

Deg! aku merasa tersudut dengan ucapannya itu. Kenapa dia malah menghakimiku? Seolah diamku ini tanpa alasan. Kenapa dia sama sekali tak merasa bersalah atas kedekatannya dengan laras yang kian hari kian menyakitkanku? Seolah itu hal wajar yang harus ku maklumi?

“Kalau ada masalah cerita dong jangan malah diam gini, kamu kenapa?!” tanyanya dengan nada yang meninggi.

Aku semakin merasa tak nyaman. Rasanya percuma kalau aku mengutarakan apa yang ku rasa pada bimo saat ini. Ia tak akan mengerti, yang ada dia malah menyalahkanku dan menganggapku kekanak-kanakan.

Saat aku dan bimo terdiam dari arah pintu tampak laras yang baru saja selesai mandi datang membawakan segelas air minum.

“Permisi, maaf ganggu aku cuma mau nganterin minum buat mas bimo. Pasti haus dari tadi belum minum.” Ucapnya riang sembari memberikan gelas itu ke bimo, dan lagi bimo tersenyum ke arahnya.

Mungkin akan mudah menerima jika ini kali pertamanya bimo mengantar laras kekostan dengan alasan ingin sekalian bertemu denganku. Mungkin akan mudah menerima jika ini kali pertama bimo bolos rapat OSIS dengan alasan ada latihan eskul basket. Tapi ini sudah kesekalian kalinya. Dan sebanyak itu pula bimo selalu menyalahkanku karena sikap diamku setiap kali bertemu dengannya.

“Salsa!” panggil ike lantang dari arah pintu ruangan OSIS tempat kita berada saat itu.

“Kenapa ke?” tanyaku lirih dengan tangan masih terus menegtik di atas keyboard komputer yang ada di pojok ruangan osis.

“Sini deh, liat!” pintanya memanggilku lagi seraya menunjuk sesuatu ke arah luar ruangan.

Aku pun beranjak dari kursiku, berjalan mendekati ike dan mengalihkan pandangan ke arah yang di tunjuknya.

“Si bimo gak rapat OSIS karena ada latihan basket kan katanya? Tuh lapangan basket kosong, trus tuh anak latihan di mana? 2 tahun aku sekolah di sini kayaknya lapangan basket cuma satu ini deh” jelas ike panjang lebar.

Aku terdiam. Benar lapangan basket kosong, itu artinya Bimo berbohong padaku, pada pengurus OSIS lainnya. Aku menghela nafas panjang dan kembali duduk di kursiku tadi. Ike mengikuti langkahku.

“Bimo pasti lagi bareng laras. Dasar cowok!!!” umpat ike dengan nada sedikit tinggi membuat teman-teman lain yang sedari tadi sibuk dengan urusannya menengok ke arah kita.

“Udah lah sa, cowok kaya gitu ngapain dipertahankan sih?! Apa karena dia orang kaya yang bisa ngebeliin semua barang yang kamu mau?! Yang selalu ngaterin kamu dengan motor bagusnya itu?! Ayolah sa, masih banyak cowok lain yang ngantri mau jadi pacar kamu, yang bisa ngertiin dan ngejaga perasaan kamu. Bukan kaya bimo, anak orang kaya yang manja, yang cuma numpang tenar sama posisi kamu sekarang. Kalau dia bukan pacar kamu mana ada sih orang yang kenal dia!!!” jelas ike panjang lebar menyadarkanku.

Ya mungkin selama ini aku terlalu baik sama bimo. Aku juga tak pernah bisa marah lama, apa lagi bersikap tegas dan menunjukan sikap tidak suka atas sikapnya itu, karena setiap kali aku marah bimo mendadak berubah menjadi baik dan perhatian. Dan itu meluluhkan ku. Selalu. Tapi aku juga gak mau terus menerus merasakan rasa sakit ini. Rasa sakit yang sama.

“Baiklah sepertinya aku harus mengakhiri rasa sakitku ini.” Ucapku yakin. Kemudian berjalan meninggalkan ruangan OSIS.

“Sa! mau kemana? Kamu gak akan nekad bunuh diri cuma gara-gara sakit hati kan?” sergah ike setengah berteriak melihatku beranjak dari ruangan.

“Tenang, aku gak sebodoh itu kok,” timpalku sambil tersenyum dan kembali berjalan menuju suatu tempat. Tempat di mana bimo biasa berada kalau bolos rapat atau bolos saat jam pelajaran berlangsung. Kedai Coffe. Letaknya tepat di sebrang sekolah ini.

“Salsa, kok kamu ada di sini? Bukannya lagi rapat?” ucap bimo terkejut melihat kedatanganku.

“Ras, aku pinjam bimonya sebentar ya,” izinku pada laras tanpa menjawab pertannyaan bimo.

“oh i.. i.. iya mbak, silahkan.” Jawabnya sedikit gagap. Entah karena merasa bersalah atau segan, atau entahlah aku sendiri tak tau.

Aku berjalan ke luar duduk di sebuah kursi yang ada di sana, bimo mengikuti langkahku.

“Lama juga ya kita gak ke sini, padahal waktu kelas satu dulu hampir setiap hari kita mampir ke sini tiap kali pulang sekolah” kenangku dengan nada lirih.

“Sekarang kamunya sibuk.” Ucap bimo halus sambil melihat ke arahku.

Ah, tatapan ini, jangan sampai meluluhkan ku lagi. Ayo sa, kali ini kamu harus tegas.

“Benar katamu, sekarang aku sibuk. Sibuk berorganisasi sampai tidak punya waktu untukmu. Kamu ke mana-mana jadi sendiri. Dan aku gak mau itu. Aku gak mau menghalangi kamu untuk jalan dengan siapapun saat aku gak bisa menemanimu. Aku maunya kamu bisa enjoy jalan dengan siapapun tanpa harus merasa tidak enak karena aku pacarmu. Tanpa harus bersembunyi-sembunyi seperti ini.” Ungkapaku panjang lebar dengan suara yang sedikit tertahan, ku gigit bibir bawahku erat-erat, tangisku hampir pecah.

“Maksud kamu?” bimo terperangah mendengar penjelasanku.

“Bimo, terima kasih sudah pernah ada. Terima kasih sudah memberi banyak tawa. Terima kasih sudah menaruh puluhan giga byte memori ke hard disk kepalaku. Aku tidak pernah harus berpura-pura menjadi orang lain ketika bersamamu. Tapi hubungan kita harus sampai di sini. Maafin aku bimo.” Pungkasku sambil berjalan meninggalkan bimo yang masih terpaku di tempatnya, kali ini tangisku pecah. tapi aku lega. Lega karena telah berani mengeluarkan semua uneg-uneg yang aku rasakan saat ini. Sekarang aku sadar, ternyata bertahan denganmu tidak membuatku jauh lebih baik, karena itu aku melepaskanmu.

Cerpen yang berjudul "Leaving You" ini merupakan sebuah karangan dari seorang penulis dengan nama pena Rusyda Andini. Kamu dapat mengikuti penulis melalui blog berikut: http: //thejombies.blogspot.com/

Posting Komentar untuk "Cerpen Cinta - Leaving You | Rusyda Andini"